LP3M INVESTA
Menunggu January Effect 2018

Menunggu January Effect 2018

Selamat pagi pembaca yang budiman dan para anggota Komunitas Investa grup.

Memasuki perdagangan pertama kemarin 2 Januari 2018 IHSG sangat atraktif sempat naik diatas 1% mencapai 6445 disesi satu tapi akhirnya ditutup minus 0,26% dilevel 6339. Saya menganggap ini koreksi sehat setelah pekan lalu mencapai record tertingginya 6355 didorong oleh kegiatan Window Dressing menutup akhir tahun 2017.

Secara umum tidak ada yang mengkhawatirkan karena koreksi yang sehat akan menjadi pijakan baru untuk kembali menguat pada saatnya. Hari ini kemungkinan IHSG juga kemungkinan akan bergerak di ring sempit antara 6300 sd 6350. Seperti biasa  ada saham2 yang akan menjadi “bintang” dan sebaliknya ada pula yang terseok dalam setiap perdagangan harian di Bursa.

Dengan mendasarkan pada kajian yang saya lakukan baik secara Fundamental, Teknikal maupun Bandarmologi saya melihat beberapa saham yang patut diperhatikan lantaran ada “sinyal” kuat yang akan mendorong harga untuk bergerak naik.


Adapun saham2 tersebut antara lain SIMP, Perusahaan milik grup Indofood ini (grup Salim) baru saja turun dikedalaman sampai menyentuh 458 tahun ini kemarin menunjukkan pembalikan arah sampai 488 sebelum ditutup 484.

Sepertinya dari pergerakkan kemarin harga saham ini potensi terus berlanjut menguat menembus level 500. Sekedar diketahui bahwa dalam tahun ini harganya pernah mencapai 690 tertingginya, sehinga harga 500 bukan sesuatu yang sulit untuk ditembus saya kira.

Secara Fundamental SIMP juga perusahaan yang sehat walaupun sempat terseok karena harga CPO yang sempat anjlok namun perusahaan ini tetap bisa tumbuh dan mencetak Laba yang moderat. Dengan PER 14x dan PBV 0,43x (BV 1133) OPM 11,74% DER 84% serta Current Ratio 122% cukup menarik untuk dibuat koleksi portofolio dengan target menengah Rp,600,- .

Jadi kalau masih bisa dapat harga dibawah 490 peluang gainnya masih cukup lumayan.

Saham KBLI juga boleh sebagai pengisi portofolio juga dengan EPS yang terus tumbuh 4 tahun terakhir PER 4,6x PBV 1x ROE 21,75% Current Ratio 205% sangat murah dengan potensi kenaikan harga menembus 500 secara moderat dan target optimis 600 tahun ini. Maka silahkan dengan harga dibawah 440 untuk dikoleksi dengan masa tunggu 3 bulan kedepan.

Saham lain yang hari ini juga ada potensi menguat dan layak untuk trading  yaitu SMGR, GJTL, MBSS, ADRO dan INDY. Nuansa January Effect bisa saja terjadi pada pekan kedua dan ketiga Januari ini setelah para Fund Manager kembali aktif melakukan transaksinya.

Manfaatkan setiap peluang dengan tetap mengikuti setiap informasi dan kondisi yang ada, bentuk psikologis kita dengan tetap tenang karena unsur psikologis justru sering menjadi kendala bagi para trader.

Sekedar info buat Investor Pemula yang ingin menambah pengetahuan kami LP3M INVESTA menjadwalkan Pelatihan Investor Pemula di Semarang tgl.13 sd 15 Januari 2018 dengan  materi Pengetahuan tentang SAHAM, RIGHT ISSUE, WARAN, DEVIDEN, Operasional Perdagangan melalui Online Trading dan juga praktek Live Trading. Bagi yang berminat silahkan mendaftar paling lambat tanggal 10 januari 2018 (maksimal dlm satu klas 15 Orang) dengan beaya Rp.1,5 juta termasuk maskan siang, snack, materi pelatihan dan sertifikat.

Kami Investa juga menyediakan grup WA INVESTA SENIOR dan INVESTA PREMIUM dengan para mentor yang berpengalaman silahkan semua pendaftaran melalui WA.087700085334 atau email investa.p3m@gmail.com

Selamat beraktifitas semoga mendapatkan yang terbaik, Amiin.

Salam

Hari Prabowo

Pengelola Investa grup.

Hari Prabowo

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pasar Modal INVESTA

Add comment