LP3M INVESTA
SAHAM GRUP BAKRIE, LANJUT ATAU JEBAKAN “BADMAN” ??

SAHAM GRUP BAKRIE, LANJUT ATAU JEBAKAN “BADMAN” ??

Pasar kemarin diwarnai “Pesta Pora” saham2 grup Bakrie, mulai dari BUMI, ENRG, DEWA, BRMS UNSP megalami kenaikan yang spektakuler bahkan sampai auto reject pada batas atas (ENRG). Nampaknya strategi Restrukturisasi Hutang yang dilakukan grup Bakrie menjadi pertimbangan para Trader tertarik mentradingkan saham2 tersebut.
Dalam hal melakukan manuver keuangan ini saya salut dengan grup Bakrie, ada saja cara yang dilakukan dengan cerdik untuk mempertahankan perusahaannya dari lilitan hutang yang menggunung sebelumnya.
Terlepas dari banyak pula investor saham yang mengalami kerugian besar dengan “menginvestasikan” modalnya di saham grup Bakrie karena membeli saham2nya beberapa tahun lalu diharga yang tinggi.
Apakah ini saatnya saham2 grup Bakrie akan bangkit kembali?? Kalaupun benar demikian tentu banyak investor yang senang terutama mereka yang sudah lama “Cuantol” alias investasi berkepanjangan tanpa hasil karena bagi yang membeli saham grup Bakrie 5 tahun lalu  tentu belum bisa menikmati hasil investasinya karena harga saat ini masih jauh dibawah harga 5 tahun lalu. Sekalipun demikian ada juga para trader diuntungkan dari saham2 ini karena bisa “mentradingkan” dengan tepat dengan memanfaatkan fluktuasi harganya yang memang naik turun dengan cepat.
Moga2 kali ini hasil restrukturisasi yang dilakukan memang berhasil membawa perusahaan lolos dari belitan hutang dan perusahaan bisa kembali tumbuh baik sehingga para investor akhirnya mengenyam hasil investasinya.
Maklum investor publik banyak yang “trauma” dengan kejadian2 masa lalu karena sepertinya ada “penggorengan” dari saham grup bakrie sehingga banyak korban2 berjatuhan terutama investor ritel yang hanya asal beli saja.
Kalaupun benar saham2 grup bakrie ini bisa bangun dari tidurnya maka tentu akan berdampak nilai transaksi di BEI akan bertambah tinggi karena jumlah sahamnya yang banyak dengan harga yang masih dibawah Rp.500 per saham tentu banyak ritel yang mampu untuk melakukan transaksi.
Namun sebagai investor / trader tentu kita selalu wapada dalam menyikapi setiap kondisi dan kejadian di bursa, kita juga harus belajar dari pengalaman masa lalu terutama agar tidak terulang masa2 pahitnya dan sebaliknya kedepan harus lebih baik. 
Ada juga nada2 lain menyikapi saham2 grup bakrie yaitu jika menjelang Pemilu (Pilkada} saham2 tersebut akan ramai dan meningkat transaksinya lantas apa hubungannya ?? Silahkan dicerna dan dianalisa yang beginian haa..haaa. 
Untuk saham2 selain grup Bakrie menu dari saya tidak banyak perubahan saham2 piliha saya untuk trading atau investasi menengah yaitu ADRO, BEST, SIMP, ELSA, SMGR, NRCA, MCOR, SRIL. MBSS dan INKP (mungkin segera menuju area 6000)
Selamat beraktifitas dan semoga sukses, Amiin.
Salam
Hari Prabowo
Pengelola investa Grup
087700085334 (WA)

Hari Prabowo

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pasar Modal INVESTA

Add comment