LP3M INVESTA

Tahun 2022 Optimis IHSG Diprediksi Tumbuh 15%

Hari ini merupakan hari pertama perdagangan saham di bursa efek tahun 2022 Setelah akhir th 2021 ditutup dengan prestasi IHSG 6581,48 dimana angka ini di bawah ekspektasi kebayakan para analis yang rerata diatas 6700.

Meskipun demikian IHSG tumbuh 10,08% secara YTD tahun 2021. Tahun 2021 juga banyak diwarnai kejadian penting, mulai mengganasnya Covid-19 gelombang kedua, serta, banyaknya perusahaan yang IPO serta aksi korporasi serta tumbuhnya investor lokal yang sekarang mendominir perdagangan secara harian.

Kondisi tersebut yang merubah pola transaksi di bursa sehingga memang relatif sulit diprediksi pergerakkan IHSG. Transaksi harian bursa juga lebih didominir saham-saham lapis dua dan tiga sehingga kemungkinan kelompok Indeks LQ45 mendatang akan terjadi pergeseran sahamnya.

Banyaknya investor lokal kelompok perorangan membawa perubahan baik pilihan maupun strategi investasi di bursa.Kondisi inilah yang memang harus dicermati ditahun 2022 ini agar kita bisa menyesuaikan diri dan tidak monoton agar bisa berusaha mendapatkan hasil investasi yang lebih baik.

Bursa sangat sensitif dengan segala perubahan yang ada. Bagaimana bursa di tahun 2022 ini ??Saya pribadi optimis di tahun 2022 ini akan terjadi pertumbuhan IHSG didukung pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, serta keberhasilan Indonesia menekan kasus aktif covid-19 yang sebelumnya telah menekan ekonomi kita.

IHSG saya prediksi tumbuh dikisaran 7500 atau tumbuh 15% dari akhir tahun 2021.Saham-saham konskruksi, properti, perbankan dan konsumsi juga akan tumbuh lebih baik di th 2022 sejalan dengan membaiknya kondisi ekonomi kita. Investor lokal yang didukung kaum milenial akan tumbuh moderat, dan investor asing yang beberapa bulan terakhir banyak net sell di saham kemungkinan akan masuk kembali ke bursa.

Biasanya ketika fenomena Window Dressing tidak sesuai harapan di akhir tahun akan “ditukar” di bulan Januari yang lebih dikenal dengan istilah “JANUARY EFFECT”.

Prediksi saya bulan Januari ini IHSG akan mencapai 6750 setidaknya sampai akhir bulan.

Selamat berinvestasi semoga tahun 2022 ini hasilnya akan lebih baik dari sebelumnya.

Salam

Hari Prabowo

Hari Prabowo Investa

Ketua LP3M INVESTA

Add comment