LP3M INVESTA

Perdagangan Terakhir Bursa Tahun 2021

Bagi pelaku pasar akhir perdagangan efek di bursa merupakan hari yang sangat istimewa. Dulu 29 th yang lalu ketika saya masih menjadi floor trader dan bursa masih di “mandori” pak Hasan Zein, kami menyiapkan terompet dan memotong kertas bekas “slip order”.

Kertas-kertas warna hijau dan merah kami tebarkan ramai-ramai bersamaan dengan meniup terompet kertas di lantai bursa.Itu menjadikan kenangan indah setiap tahun sampai era online trading dan para floortrader tak lagi datang ke bursa karena lantai bursa pun tak lagi berfungsi sebagai arena perdagangan.

Dulu setiap broker pasti kenal satu sama lain karena setiap hari bertemu di lantai bursa. Kini jangankan wajah, nama pun tak kenal satu sama lain, itulah kemajuan teknologi.

Perubahan selalu ada, plus minus dari kemajuan tekologi. Bahkan saat ini banyak investor dan broker yang belum pernah melihat bentuk fisik sahamnya yang diperdagangkan setiap hari.

Kini sudah sekitar 800 perusahaan yang sahamnya diperdagangkang di bursa, sudah meningkat 8 kali sejak saya pertama menjadi broker

Secara Year To Date IHSG tumbuh 10,40%% untuk tahun 2021 ini sampai tgl 29 Desember 2021 ada diposisi 6600.

Apakah hari ini IHSG akan menjadi 6650, 6675, atau 6700 ?? hanya pasar nanti yang menentukan. Window Dressing mungkin hanya punya sedikit harapan bagi pelaku pasar.

Sebaiknya sebagai investor akhir tahun digunakan juga untuk evaluasi portofolio selama ini, apakah nilai porto kita meningkat atau sebaliknya. Itu tentu berhubungan dengan cara dan strategi investasi kita masing-masing.

Apapun kondisi pasar, kita tidak boleh menyalahkan pasar karena pasar itu respon dari para pelakunya. Tahun 2021 ini memang tahun yang tidak mudah, berbagai fenomena dan perubahan banyak terjadi sehingga pergerakkan setiap saham juga relatif sulit diprediksi.

Namun, ini justru yang harus kita evaluasi agar kita bisa selalu menyesuaikan kondisi pasar. Keberhasilan ataupun “kegagalan sementara” menjadi pembelajaran kita agar hasil investasi kita bisa lebih baik kedepan.

Ini suatu investasi yang sangat prospektif bagi yang bisa memanfaatkan dengan baik.

Happy trading, happy cuaan.

Salam

Hari Prabowo

Hari Prabowo Investa

Ketua LP3M INVESTA

Add comment