LP3M INVESTA

IHSG kembali Diuji

Akhir bulan yang “menyakitkan” kemarin bagi investor yang kebetulan lagi posisi full portofolio karena IHSG turun 1,1% di posisi 6533,93. Gonjang ganjing masalah omicron dan pembatasan PPKM telah direspon negatif pasar.

Indek Dow Jones tadi malam turun 1,8% demikian pula indek bursa utama Eropa juga kompak minus. Tidak hanya itu, harga komoditas juga rerata anjlok parah termasuk minyak WTI yang turun 4,3%.

Lantas bagaimana IHSG hari ini? Tekanan berat sepertinya akan kembali akan menimpa IHSG, mampukah bertahan ?? Secara teoritis IHSG cenderung turun, berharap tidak dibawah 6500 yang merupakan indek psikologis sebab jika jebol maka bisa lebih buruk.

Jika secara sistemik IHSG rontok maka pilihan saham lebih sulit bagi investor karena saham berfundamental baguspun bisa ikut jatuh. Berita global dan internal mengenai omicron ini semakin penting dan sangat menentukan kondisi bursa jadi cermati perkembangannya.

Analisa fundamental, teknikal dan bandarmologi yang sering digunakan investor menjadi kurang efektif karena masalah virus omicron ini.

Jadi buat investor memang harus lebih waspada dalam menggunakan strategi investasi karena volatilitasnya akan sangat tinggi saat ini.Jangan paksakan harus masuk ke pasar jika merasa kondisi tidak memungkinkan, jaga cash yang efektif untuk digunakan jika kondisi sudah mulai stabil.

Dalam kondisi seperti ini psikologis harus terjaga dan tidak mudah panik dan emosional.

Salam

Hari Prabowo.

Hari Prabowo Investa

Ketua LP3M INVESTA

Add comment