LP3M INVESTA

Sentimen Positif Bursa

Pertahanan IHSG level 6700 nampaknya semakin kuat, kemarin sempat tertekan turun namun ditutup kembali di atas 6700. Inilah salah satunya makna dari indeks psikologis, investor seakan punya keinginan bersama untuk mendorongnya.

Saat ini sentimen pasar memang sedang positif, ada potensi IHSG menuju target berikutnya 6750 seperti prediksi beberapa pihak. Indikasinya antara lain beberapa saham perbankkan papan atas mulai “menghijau” dengan dukungan volume dan frekuensi yang cukup tinggi.

Saham BBRI, BBCA, BMRI, BBNI dan BBTN biasa menjadi acuan saya untuk memprediksi IHSG. Transaksi asing sekarang tidak lagi mendominasi bursa sehingga tidak lagi punya pengaruh signifikan terhadap pergerakkan IHSG.”Kegagalan” saham MTEL dihari pertama untuk ditutup naik tidak menjadi beban juga.

Investor semakin terbiasa dalam menyikapi pasar maupun pergerakkan saham secara individual. Ini bagus, investor tidak boleh mudah panik atau emosional menyikapi pasar yang sulit ditebak arahnya.

Saya kira hari ini IHSG akan cenderung menguat didukung selain saham perbankan juga saham berbasis batubara yang harga komoditasnya semalam nampak kembali naik, perhatikan ADRO, PTBA dan ITMG.

Sedangkan saham lain yang berpotensi menguat bahkan boleh ditahan sampai akhir tahun UNVR, TLKM, ASII, dan saham bank papan atas.

Buat yang suka saham lapis dua dan tiga yang agresif ada BMRS, ISSP, TINS, JPFA yang harganya sudah menarik untuk dikoleksi jangka menengah setidaknya sampai akhir tahun.

Hari ini investor juga masih akan konsen kelanjutan saham MTEL dan BBKP yang menarik perhatian kemarin karena masih baru listing untuk MTEL dan baru masuk perdagangan RIGHT untuk BBKP.

Tidak ada investasi yang bebas resiko sehingga tetap diperlukan pertimbangan yang baik sebelum memutuskan.

Salam

Hari Prabowo

Hari Prabowo Investa

Ketua LP3M INVESTA

Add comment