LP3M INVESTA

Kopi pagi : Menyikapi Kondisi Pasar

Indeks bursa global semalam memerah alias turun, demikian pula harga beberapa komoditas seperti perak, emas, timah, nikel, tembaga. Apakah IHSG juga akan turun?? belum bisa dipastikan juga karena sifatnya tidak mutlak selalu searah dengan bursa lain.

Indeks bursa itu memang sudah wajar kalau tidak naik ya turun, jadi bukan hal yang aneh. Investor juga belum tentu sedih kalau IHSG turun, bagi investor yang sedang posisi banyak pegang cash bahkan malah senang jika IHSG dan harga saham turun karena itu memberi peluang untuk kembali membeli saham dengan harga murah.

Yang terpenting bagi investor adalah mengatur manajemen keuangan dan portofolio serta timing yang tepat kapan harus beli dan kapan harus.jualan. Analisa Fundamental, Teknikal dan Bandarmologi digunakan sebagai acuan investasi maupun trading.

Psikologi juga penting agar kita tidak mudah grogy tamak maupun emosional. Niat investasi bisa rusak jika terganggu dengan psikologi yang labil.

Beberapa investor kadang menjadi “pendendam” ingin membalas kerugian dengan sangat emosional dan ingin mengalahkan pasar, itu tindakan yang salah dan bisa menjadi lebih fatal.Kita mesti arif menyikapi gejolak pasar, mau instropeksi dari kesalahan sendiri dan terus belajar memperbaiki.Belajar dari orang lain itu perlu tapi kita tidak mudah menyesuaikan karakter orang lain.

Maka investasi sesuai dengan karakter masing2 meski belajar dari berbagai sumber.Saat ini kondisi pasar memang relatif lebih sulit diprediksi arahnya, maka sebaiknya kita berusaha menyesuaikan diri baik strategi maupun pilihan sahamnya Semoga bermanfaat.

happy trading happy cuan.

Salam

Hari Prabowo.

Hari Prabowo Investa

Ketua LP3M INVESTA

Add comment