LP3M INVESTA

MENYAMBUT WINDOW DRESSING KUARTAL 3

Dalam perdagangan saham dibursa selalu ada “penyedap” salah satunya adalah Window Dressing (WD) yaitu upaya menaikkan harga saham agar “nilai” atau raport suatu portofolio menjadi lebih baik bagi fund manager atau pengelola dana.
Window Dressing bisa juga dilakukan oleh pihak-pihak tertentu yang berkepentingan termasuk untuk rencana aksi korporasi.

Biasanya WD sering dilakukan pada akhir tahun, namun sebenarnya WD mungkin bisa dilakukan pada akhir bulan Laporan yaitu akhir kuartalan, dimana laporan portofolio disajikan kepada para pemilik dana.
Emiten juga berkepentingan dengan nilai suatu saham sebagai “prestasi” bagi manajemen.

Hari ini tgl.30 September 2021 adalah akhir bulan Kuartal ke 3 dimana harga suatu saham nenjadi sangat penting bagi pengelola portofolio.
Sebagai investor saya kira tidak ada salahnya untuk berusaha mendapatkan peluang terbaik guna mendapatkan “cuan” diakhir bulan ini.

Adapun kiat memilih saham yang berpotensi WD antara lain;

  1. Saham blue chips yang punya kapitalisasi pasar yang besar.
  2. Saham yang banyak dimiliki oleh para fund manager / Reksa Dana.
  3. Saham BUMN yang biasanya juga untuk “unjuk prestasi”

Strategi yang bisa dilakukan para trader adalah setelah membeli saham-saham tersebut tahan sampai menjelang akhir jam perdagangan untuk menjualnya, karena aksi “tarikan” harga saham biasanya dilakukan menjelang penutupan jam bursa.
Saham yang kurang likuid lebih mudah dilakukan WD bahkan tanpa memperhatikan faktor fundamentalnya namun harganya bisa naik tinggi melebihihi valuasinya.

Beberapa saham yang mungkin bisa dicermati khususnya untuk antisipadi WD ini antara lain BBRI, ASII, TLKM, BBCA, BMRI, HMSP, BUKA, PTBA.
Prediksi IHSG hari ini cenderung menguat antara 6150 sd 6200.

Happy trading, happy cuan

Salam
Hari Prabowo.

Hari Prabowo Investa

Ketua LP3M INVESTA

Add comment