LP3M INVESTA
MENILIK HUBUNGAN SAHAM BBRI DAN PERDAGANGAN RIGHT / BBRI-R

MENILIK HUBUNGAN SAHAM BBRI DAN PERDAGANGAN RIGHT / BBRI-R

Sebagai lanjutan penjelasan saya tentang aksi korporasi HMETD / RIGHT ISSUE saham BBRI diacara Bincang2 Kopi Petang (lihat di Youtube LP3M INVESTA), maka setelah mulai tgl.13/9/2021 diperdagangkan bukti Right sekaligus dimulainya penebusan saham BBRI perlu saya sampaikan hal2 sbb:

  1. Bagi anda yang memperoleh Right BBRI (kode BBRI-R) di portofolio masing2 maka anda bisa langsung menebus saham BBRI dengan harga Rp 3400 per saham sampai batas terakhir tgl.22/9/2021.
  2. Bila anda tidak bermangsud untuk menebus saham BBRI maka anda bisa menjual Right tersebut di pasar reguler dengan harga pasar pada sesi satu saja dan setlement pembayarannya secara tunai artinya anda akan mendapat dana hari itu juga.
    Karena anda sudah menjual Right tersebut maka anda tidak lagi punya hak untuk menebus saham BBRI dengan harga Rp 3400.
  3. Bila anda tidak punya bukti Right tetapi anda ingin menebus saham BBRI dengan harga Rp 3400 maka anda bisa membeli Right / BBRI-R yang ada di bursa pada sesi satu dengan harga pasar serta pembayarannya juga secara tunai.
  4. Anda juga bisa menjual kembali BBRI-R yang telah anda beli tersebut sampai tgl.22/9/2021 sesi satu.
    Artinya disini anda hanya mekakukan trading BBRI-R tanpa bermangsud menebus sahamnya.

ANALISA SAHAM BBRI & BBRI-R.

Kenapa kemarin harganya turun??
Saya mencoba menganalisa walaupun belum tentu benar.

  1. Kemungkinan pemilik bukti saham BBRI (yang telah punya right) menjual saham induknya dulu dengan harga diatas Rpn3400 tujuan uang hasil penjualannya digunakan untuk menebus saham BBRI dengan harga Rp.3400. karena banyak penjualan maka harga sementara tertekan turun.
  2. Nah karena saham BBRI turun maka Right nya / BBRI-R juga menyesuaikan turun, karena biasanya harga Right ini akan searah dengan harga sahamnya dibursa.
    Tidak menutup kemungkinan baik saham BBRI maupun BBRI-R akan berfluktuatif sampai tgl 22/9/2021
  3. Ekstrimnya (walau kecil kemungkinannya) jika harga saham BBRI terus turun dibawah Rp.3400 maka investor publik enggan menebus sahamnya karena lebih baik beli langsung di bursa.
  4. Prediksi saya bahwa harga BBRI akan kembali naik setelah masa penebusan tgl.22/9/2021.

Semoga tambahan penjelasan saya ini bermanfaat sebagai pengetahuan.

Jika masih ada pertanyaan silahkan dan saya baerusaha untuk menjelaskan.

Salam
Hari Prabowo.

Hari Prabowo Investa

Ketua LP3M INVESTA

Add comment