LP3M INVESTA

Pergerakkan harga saham ZBRA dari prospek dan jurus bandarmologi

Kemarin harga saham ZBRA sangat “atraktif”, dipembukaan awal sesi langsung melejit sampai Rp.1035 itu artinya naik 13,11%.
Namun ternyata itu hanya berlangsung tidak lama, karena tidak sampai 30 menit harga langsung turun kembali dan bahkan sampai perdagangan usai harga ZBRA ditutup Rp.870 atau turun Rp.45 (4,92%) dari penutupan sebelumnya Rp.915.

Tentu hal ini menyenangkan bagi investor yg sempat menjual sahamnya diatas Rp.1000 karena mendapat cuan lumayan jika hari sebelumnya membeli harga Rp.915.
Sebaliknya akan mengecewakan bagi investor yang “mengejar layang2 putus” karena justru membeli ketika harga diatas Rp.1000 yang artinya posisinya menjadi potential loss dibanding harga penutupan.

Lantas kenapa harga bisa bergerak ekstrim seperti itu??
Menurut analisa saya sebagai berikut:

  1. ZBRA saat ini sedang memasuki periode aksi korporasi HMETD dengan ratio 2:1 artinya setiap pemegang 2 saham diberi hak membeli 1 saham baru dengan harga Rp.812 sampai dengan tgl.6 September 2021
  2. Secara PROSPEK saya optimis perusahaan akan lebih bagus kondisi keuangannya karena adanya tambahan modal baru (assetnya akan tumbuh signifikan) termasuk likuiditasnya.
    Perusahaan juga ganti alih usahanya dari transportasi taxi menjadi penyedia logistik dan distribusi alat kesehatan dll (saya menganggap ini backdoor listing) sehingga sangat prospektif kedepannya.
  3. Dari analisa jurus bandarmologi pergerakkan harga kemarin saya kira ada yang sengaja memainkan jurus “memanah bulan” (istilah saya dalam materi bandarmologi) yaitu menarik harga keatas dalam dalam waktu yang singkat.
    Hal ini dilakukan ketika dimulai periode perdagangan RIGHT.
    Jadi disini ada kepentingan “menarik harga Rightnya” karena secara teoritis harga right akan mengikuti harga sahamnya.
    Selain itu ada pihak yang akan menjual sahamnya diharga atas dimana hasil penjualannya akan digunakan untuk menebus sahamnya diharga Rp.812.

Dari analisa saya tersebut saya simpulkan bahwa pergerakkan harga saham ZBRA sampai dengan tgl.6 September 2021 nanti akan fluktuatif tetapi kemungkinan tidak turun dibawah Rp.812.
Setelah akhir periode penebusan HMETD tersebut harga sahamnya akan cenderung menguat bahkan target saya diatas Rp.1000 dalam jangka menengah.

Mari kita perhatikan dan bagi yang suka berayun2 silahkan menikmati ayunan dan jangan galau kalau sedang turun karena prospek perusahaan cukup bagus.

Disclaimer, semua keputusan masing2 .

Salam
Hari Prabowo

Hari Prabowo Investa

Ketua LP3M INVESTA

Add comment