LP3M INVESTA

Awal Tahun 2020

SELAMAT TAHUN BARU 2020 untuk Bpk / Ibu warga Investa yang budiman dan para mentor yang setia melayani konsultasi bagi para member Investa.

Setahun kita lalui investasi / trading saham selama tahun 2019 dengan segala suka dan dukanya.
Secara umum tahun 2019 memang terasa sulit, IHSG juga hanya tumbuh 1,70% secara YTD dan ditutup 6299 dibawah ekspektasi rata-rata analis.

Kali ini memang agak aneh, karena jika dibanding bursa-bursa global dan regional yg lain IHSG kita jauh tertinggal.
Indek DOW sebagai lokomotip bursa dunia bahkan mencapai record tertingginya.

Berbagai masalah dalam negeri cenderung menjadi penyebabnya mulai dari tahun politik, perubahan peraturan Pemerintah, defisitnya neraca perdagangan, kasus-kasus pasar modal saya kira yang menjadi penyebab lebay nya IHSG.

Banyaknya emiten yang IPO juga tidak banyak membantu pertumbuhan IHSG, karena rata-rata emiten yang IPO sifatnya “strategik” yang banyak diwarnai “akal-akalan” oleh Bandar dan bahkan mungkin di restui penjamin emisi.
Cara menggoreng harga dengan dibuat naik setinggi mungkin untuk memancing investor ritel masuk untuk membeli saham dengan harga tinggi yang sebenarnya sudah dikuasai pihak-pihak tertentu saat IPO membuat investor ritel harus menanggung kerugian.

Yang paling menarik perhatian adalah kasus Jiwasraya dan beberapa Reksa Dana dimana dalam pengelolaannya ternyata menyalahi aturan telah membuat investor menjadi trauma.

Ini semua harus dibenahi baik OJK dan BEI sebagai otoritas dan regulator penyelenggara perdagangan sekaligus pengawasan.
Peningkatan pengawasan dan sanksi yang tegas bagi yang melanggar aturan agar investasi ini bisa berjalan wajar dan efisien serta tidak diwarnai aksi kotor para mafia pasar modal.

Investor juga harus dibekali pengetahuan dan pemahaman karena investasi ini punya karakter khusus yg memang dituntut aktif karena punya harapan hasil yang tinggi namun juga risiko tinggi pula.

Kita berharap tahun 2020 ini kondisinya bisa lebih baik setelah setahun ini kita prihatin. Belajarlah dari pengalaman untuk itu kita perlu mawas diri apa yang salah kita perbaiki dan yang benar kita lanjutkan.

Semoga sukses untuk warga Investa semuanya, Aamiin

Salam
Hari Prabowo

Hari Prabowo Investa

Ketua LP3M INVESTA

Add comment