LP3M INVESTA

Adakah Kejutan IHSG di Akhir Tahun 2019?

Saya mencoba kembali melihat prediksi beberapa analis kebelakang terutama di awal tahun ini, sebagian besar optimis bahwa IHSG akan tumbuh moderat bahkan antara 6600 – 7000 dan jarang ada yang meramalkan IHSG akan negatif di akhir tahun 2019.
Berbagai alasan yang mendasari analisa mereka walaupun dengan catatan disclaimer tapi memang rata-rata positif.

Termasuk saya sejak awal memprediksi bahwa IHSG akan tumbuh dikisaran 6350.
Namun faktanya sampai 20 November ini IHSG masih ada di 6155.
IHSG tertinggi di tahun ini ada di 6636 dan terendah 5767, ini menunjukkan bahwa terjadi rentang yang cukup lebar artinya fluktuasi harga saham begitu tinggi.
Memang dari berbagai peristiwa internal dan eksternal yang sulit diprediksi mulai dari perang dagang sampai peristiwa politik menyebabkan pasar sangat rentan.

Beberapa Manajemen Investasi yang mengelola produk Reksa Dana pun banyak yg kinerjanya negatif, padahal mereka cukup punya tenaga-tenaga ahli.
Nah, bagaimana dengan kinerja portfolio anda? silahkan hitung dan bandingkan dengan IHSG yang secara YTD (Year To Date) dari awal tahun masih minus 0,64%.

Lantas masih adakah harapan bahwa IHSG akhir tahun 2019 ini akan tumbuh positif? ataukah justru menjadi begatif ?
Di angka berapakah kiranya nanti? Inilah pertanyaan yang sering terlontar dari para pelaku pasar.

Saya masih optimis IHSG akan tumbuh positif di akhir tahun nanti meski jujur agak ragu untuk bisa mencapai 6350 tetapi setidaknya 6270 minimal saya masih optimis.
Harapan Window Dressing, penurunan suku bunga, inflasi rendah dan mulai ademnya perang dagang bisa menjadi alasan prediksi yang positif.

Sukur ada kejutan dari para menteri-menteri yang baru bekerja terutama yang mengurus ekonomi, perdagangan, keuangan dan kebijakan fiskal maupun bidang investasi.

Yuk kita tunggu dan ikuti perjalanan IHSG menuju akhir tahun sekaligus menata portfolio masing-masing siapa tahu ada peluang baik akhir tahun.

Salam
Hari Prabowo

Hari Prabowo Investa

Ketua LP3M INVESTA

Add comment