LP3M INVESTA

Volatilitas Saham IPO (Initial Public Offering)

Kenapa saham IPO sering terjadi volatiltas harga yang tinggi? Ini pertanyaan yang sering saya terima dari beberapa investor terutama yang tergabung dalam Komunitas Investa.

Saya pernah mengulas hal ini sebenarnya beberapa waktu yang lalu tentang analisa saya penyebab fluktuatifnya harga saham yang baru IPO.

Ada 2 hal penyebabnya yaitu:

  1. Pelaku pasar sedang mengukur tingkat harga yang wajar sehingga antara permintaan dan penawaran belum stabil, hal ini dapat dikatakan nornal, dan pada suatu saat akan stabil pergerakkannya setelah menemukan harga wajarnya.
  2. Pada saat Pasar perdana sebenarnya saham sudah “dikuasai” oleh pihak tertentu (yang juga sering disebut Bandar) sehingga mereka itulah yang pegang peran “memainkan” harga sedemikian rupa.
    Biasanya harga dinaikkan dulu kalau perlu sampai auto reject atas untuk memancing ritel ikut membeli diharga tinggi setelah Bandar puas menjual baru sahamnya dilepas semua kepasar sehingga bisa jadi turun drastis.

Jadi jangan heran kalau saat ini banyak saham dimana begitu drastis naik turunnya karena dibalik itu ada “kekuatan” yang tidak terlihat sedang memainkan harga.

Pesan saya jangan cepat terbuai dengan pergerakkan harga terutama saham-saham yang relatif baru.
Cermati dulu fundamental, prospek dan manajemennya untuk saham baru IPO.

Jangan beli kucing dalam karung, jangan mudah terbuai dengan kenaikan harga yang drastis karena di bursa banyak trik-trik yang bisa menjebak jika kita tidak hati-hati.

Bekali anda dengan PENGETAHUAN untuk investasi di bursa.

kami juga memiliki ulasan yang berbentuk video di Youtube dengan Channel: LP3M INVESTA. Dan juga akun media Sosial Instagram di @lp3m.investa. Silahkan bisa di Subscribe dan follow untuk mengikuti dan menerima notifikasi ulasan kami secara langsung.

Salam
Hari Prabowo

Hari Prabowo Investa

Ketua LP3M INVESTA

Add comment