LP3M INVESTA

Prospek Saham BUMN di tangan Menteri Baru

Saya sering mendengar beberapa pertanyaan dari investor pemula tentang saham-saham BUMN apakah benar mempunyai harapan hasil yang tinggi dan resiko yang rendah?
Alasan mereka sederhana bahwa BUMN adalah milik Pemerintah Republik Indonesia sehingga kemungkinan akan banyak mendapat “proyek” dari Pemerintah dan resikonya pun kecil untuk bangkrut karena pemerintah akan membantu optimal jika terjadi kerugian.

Pertanyaan dan kadang dijawab sendiri dengan pernyataan seperti tersebut tidak sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah, namun pada kenyataannya kita lihat bersama BUMN yang telah go public bagaimana kinerja dan harga sahamnya di bursa.

Dari lebih 20 perusahaan BUMN dan afiliasinya yang telah listing di bursa banyak kinerja BUMN yang belum sesuai harapan dari perjalanannya paling tidak selama 5 tahun ini.
Bahkan beberapa diantaranya masih mencatat kerugian.
Benarkah banyak BUMN salah urus? Bisa jadi demikian.

Kalau kita lihat sektor dan bidang usahanya sebenarnya perusahaan-perusahaan ini sangat strategis mulai dari perbankan, pertambangan, konstruksi, telekomunikasi, transportasi, manufaktur.
Diantaranya yang paling bagus kinerjanya saat ini adalah perbankan.

Memang sebagai perusahaan tentu sangat penting terhadap managementnya, para jajaran Direksi dan Komisaris haruslah orang-orang yang profesional dan “bersih”.

Kenapa “bersih” itu penting? karena bisa jadi seharusnya kinerja perusahaannya bisa bagus tetapi kalau hasil usahanya tersebut digerogoti sendiri untuk kepentingan-kepentingan pribadi atau pihak-pihak tertentu dan bukan untuk pemegang saham maka bisa dipastikan kinerjanya akan tidak akan maksimal

Nah, kini Presiden Jokowi sudah menunjuk Menteri baru Erick Thohir yang dikenal profesional sebagai pengusaha nasional untuk mengatur sekaligus mengawasi perusahaan-perusahaan BUMN ini agar bisa tumbuglh dan perkembang dengan baik.
Keseriusan Jokowi untuk memajukan BUMN sangat serius dengan menunjuk pula dua wakil menteri BUMN sekaligus yang selama ini belum pernah ada.
Dua wakil menteri inipun bukan orang biasa, mereka orang-orang yang sangat dikenal sebagai orang-orang profesional dan pengalaman dalam mengelola perbagai perusahaan.

Semoga ditangan Menteri dan dua wakil menteri yang profesional ini BUMN kita benar-benar berkembang.

Jadi sebagai investor saham saya kira tidak ada salahnya kalau mulai memilih dan mengakumulasi saham BUMN yang menurut saya timingnya saat ini cukup baik, banyak harga sahamnya yang sudah murah secara valuasi dengan prospek yang bagus.

Selamat berinvestasi dengan gaya masing-masing semoga sukses.

Salam
Hari Prabowo

Hari Prabowo Investa

Ketua LP3M INVESTA

Add comment