LP3M INVESTA

IHSG BULLISH

Dalam ulasan kopi pagi saya tanggal 18 Oktober yang lalu dengan judul “Sediakan keranjang / baskom, IHSG akan bullish ke depan. Saya prediksi IHSG dikisaran 6350 – 6400 akhir tahun ini.

Kemarin IHSG sudah lompat 6339 naik 1,3% setelah 10 hari berturut-turut mengalami penguatan.
Banyak berita-berita positif memang yang mendasarinya, mulai dari genderang perang dagang China dan AS yang mulai “lirih”, Kabinet baru dan penurunan suku bunga.

Kemarin investor asing bahkan sudah tidak malu-malu lagi masuk ke bursa dengan nett buy di pasar reguler lebih dari Rp. 1 Triliun. Saham bank papan atas juga kompak menguat, Rupiah yang stabil dan harga-harga komoditas andalan ekspor kita juga naik harganya.

Timingnya juga sangat tepat menjelang berakhirnya periode “Sell on May and go away” pada bulan Oktober ini sehingga saling curi start untuk masuk ke pasar kembali sebelum November

Patut dimaklumi karena sudah sekian bulan yang lalu sejak bulan April rasanya pasar amat sulit untuk tempat mencari cuan.
Kini saat panen itu tiba dan mari kita manfaatkan dengan baik.

Mungkin saja beberapa investor sudah lama mengencangkan ikat pinggang karena modal semakin tipis dan portofolionya masih
nyangkut”.

Namun jangan terlalu galau, ingat bahwa harga saham itu bisa lompat tinggi hanya dalam beberapa hari jika memang mempunyai fundamental dan prospek yang baik, jadi tidak butuh lama bisa mengembalikan portfolio yang masih nyangkut.

Nah, penyakit investor ritel nih karena sudah nyangkut lama biasanya bila harga baru sedikit lewati harga belinya sudah terburu-buru jualan. Investor asing barusan mulai masuk dan biasanya ini akan berlangsung terus dalam beberapa hari kedepan, jadi ada baiknya sedikit sabar untuk take profitnya agar lebih “terasa” hasilnya.

Melihat kondisi terkini saya optimis IHSG 6350 / 6400 bisa tercapai lebih cepat. Namun koreksi tentu akan terjadi sebagai bagian pasar yang sehat.

IHSG tertinggi sejak awal tahun ini 6636 dan record tertingginya di 6693.
Mungkin agak susah memecahkan record tertingginya dalam tahun ini, tapi, di pasar modal ini tidak ada yg tidak mungkin. Pasar juga bisa mengecoh prediksi analis-analis tentang target mereka, tapi itu biasa karena sifatnya disclaimer, termasuk prediksi dan analisa saya.

Selamat menikmati masa panen dengan senyum karena saya lebih sering mendengar keluhan kegagalan beberapa waktu lalu.

Salam
Hari Prabowo

Bp. Hari Prabowo

Hari Prabowo

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pasar Modal INVESTA

Add comment