LP3M INVESTA

Antara Kekuatan Pasar dan Kekuatan Bandar

Bukan hal yang tabu untuk para investor saham tentang keberadaan Bandar dalam transaksi di Bursa, mereka “antara ada dan tiada”.

Bandar itu punya kerjaan menjaga, menaikkan atau menurunkan harga suatu saham.

Hari Prabowo


Pekerjaan yang sebenarnya tidak mudah karena butuh pengetahuan, pengalaman, modal besar, dan sekaligus sifat yang licik.

Mereka akan berhadapan dengan investor ritel (public) yang sangat beragam karakter dan pengetahuannya di bursa. Tujuannya sama-sama mencari “hasil” dari transaksi.

Bahwa caranya wajar atau tidak wajar itu urusan lain, yang penting Bandar mendapatkan hasil dan tidak akan berpikir pihak lain rugi atau tidak.

Jadi jangan terlalu “lugu dan polos” menyikapi harga saham yang ada di Bursa dimana pergerakkan harga naik atau turun itu murni kekuatan pasar.
Kemungkinan peran bandar itu juga ada dalam suatu transaksi.

Sekedar contoh saja bahwa ada suatu saham yang kinerjanya negatif tetapi harganya bisa bergerak naik signifikan, tetapi sebaliknya ada saham yang didukung kinerja positif tetapi harganya sulit naik.

Jadi ada saham-saham yang pergerakkannya dilakukan oleh bandar dan ada pula yang murni kekuatan pasar.

Nah, kini tinggal kita masing-masing menyikapi dan juga kejelian dalam melihat suatu transaksi apakah disitu ada peran bandar atau keuatan pasar.

Buat para pemula ini sebagai tambahan pengetahuan agar memahami tentang pergerakkan harga.

Salam
Hari Prabowo.

aldi

Capital Market Enthusiast

Add comment