LP3M INVESTA

Risiko Politik

Dalam suatu investasi ada salah satu risiko yang disebut Risiko Politik. Artinya, ini adalah risiko yang diakibatkan oleh gejolak politik suatu negara.

Kali ini kita sedang mengalami resiko tersebut, kebijakan rencana DPR untuk mengubah beberapa UU telah menuai protes dari kalangan mahasiswa dan berbagai kalangan.
Kali ini dilakukan demo yang cukup besar dari mahasiswa berbagai daerah.

Kondisi ini menyebabkan IHSG turun dalam 4 hari berturut-turut dan bahkan sudah dibawah IHSG secara YTD, tentu yang seperti ini di luar Fundamental dan Analisa Teknikal.

Seperti yang sering saya sampaikan bahwa harga saham itu dipengaruhi beberapa faktor dan bukan hanya masalah fundamental dan teknikal saja.

Inilah yang menuntut investor memang harus berusaha mengetahui berbagai hal, dan hal ini pula yang bisa membuat investor itu jadi cerdas karena rajin mengikuti perkembangan dalam banyak hal.

Sampai kapan penurunan IHSG ini? Tentu tergantung pada bagaimana DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) dan Pemerintah menyikapi protes mahasiswa dan berbagai kalangan saat ini.

Saya khawatir kalau situasi ini berlarut-larut akan berakibat lebih fatal dan jadi panjang masalahnya.

Tentu saya melihatnya dari seorang investor dimana ingin menghindari risiko yang lebih besar jika sementara belum bisa mendapatkan hasil (cuan).

Apa yang harus kita lakukan?

  1. Cut Loss kalau kita berpikir situasi ini akan berlarut-larut dan tambah parah.
  2. Belanja karena banyak harga saham yang sudah relatif murah, ini tentu kalau kita berpikir bahwa sutuasi akan segera teratasi dan terjadi kompromi.
  3. Hold atau diam saja menunggu situasi yang akan terjadi.

Tiga hal itulah yang mungkin bisa menjadi pilihan kita atas dasar pemikiran dan keputusan masing-masing.

Sebagai investor dan rakyat Indonesia tentu saya berharap situasi ini cepat teratasi dengan bijak yang bisa diterima banyak pihak sehingga iklim investasi ini bisa kembali kondusif.

Pilihan saham? Walaupun sulit kalau harus memilih maka saya pilih saham yang punya fundamental bagus tapi harganya sedang tertekan, tentu kalau kita berpikir situasi cepat kondusif.

Damailah Indonesiaku !!.

Kali ini bisakah tiket kereta Jakarta-Semarang yang sedang saya nikmati perjalanannya pagi ini tertutup dari trading harian di atas kereta?

Salam
Hari Prabowo

aldi

Capital Market Enthusiast

Add comment