LP3M INVESTA

Jangan Panik Mensikapi Kondisi Pasar

Kopi Pagi Selasa 17/9/2019.

Sebagaimana yang saya prediksi bahwa IHSG akan tertekan kemarin, namun ternyata penurunan tersebut melebihi ekspetasi saya yang kami prediksikan turun 1% tapi ternyata minus hampir 1,8% diposisi 6219.

Dua hal yang menjadi penyebabnya yaitu dari sisi eksternal karena penyerangan perusahaan minyak terbesar yang ada di Arab Saudi dimana mengakibatkan harga minyak semalam $61,66 per barel yang naik 12% dari sebelum terjadinya penyerangan.

Yang dikhawatirkan imbasnya bisa memicu perang antar negara yang tentu kalau itu terjadi akan sangat buruk bagi pasar keuangan.

Sekalipun ada yang diuntungkan karena saham-saham pertambangan khususnya yang berbasis minyak dan batubara harganya jadi naik tinggi seperti yang sudah saya tulis kemarin pagi yaitu ELSA ADRO PTBA ITMG MEDC.

Namun kalau ini terus berlanjut akan berdampak negatif untuk emiten yang justru membutuhkan banyak minyak karena akan menaikkan biaya operasionalnya.

Hal yang kedua dari sisi internal yaitu turunya harga saham-saham Blue Chip terutama saham rokok terbesar GGRM dan HMSP yang masing-masing dikisaran 18% dalam sehari kemarin.

Ini sangat jarang terjadi bahwa saham BC turun setajam itu dan karena bobot perhitungan terhadap IHSG tinggi maka tentu akibatnya menekan IHSG.
Hal tersebut masih ditambah turunnya harga saham bank-bank papan atas BBRI BBNI BMRI dan BBCA.

Nah pada intinya setelah kita mengetahui sebab dan akibat turunya IHSG kemarin apakah hari ini masih juga turun atau sudah bisa memantul naik?

Tentu itu tergantung situasinya, jika saham-saham blue chip kemarin itu masih tertekan lagi maka IHSG juga masih bisa turun.
Namun bila saham-saham tersebut rebound maka akan positif bagi IHSG.

Apakah masih ada peluang kita cari cuan? Tentu saja masih ada peluang dari memanfaatkan fluktuasi harga bagi yang jago teknikal karena harga tidak akan seperti garis lurus, selalu ada fluktuasi.

Peluang juga bisa trading dengan pilihan-pilihan saham tertentu karena selalu ada saham-saham yang mampu anomali terhadap IHSG.

Dan pilihan saya hari ini untuk trading harian adalah saham-saham sektor tambang seperti tersebut di atas dan juga saham lain seperti SMGR, JPFA, CPIN, DOID, PGAS, ANTM dan TINS dengan potensi target kenaikan 1% – 2% dari harga penutupan kemarin cukuplah… hehe

Tetap semangat dan jangan panik dalam menyikapi kondisi pasar.

Salam
Hari Prabowo

aldi

Capital Market Enthusiast

Add comment