LP3M INVESTA

Menyikapi Pasar

Pasar adalah tempat kita berdagang, maka selayaknya kita yang harus menyesuaikan pasar dan bukan pasar yang menyesuaikan kita.
Jika kita sudah berniat menjadi investor / trader saham maka kita pahami dulu kondisi pasarnya baru kita tentukan strateginya.

Pasar itu sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor yang kita tidak mungkin melawannya karena demikian kuat dan sensitif yang membentuk “sentimen positif atau sentimen negatif”.
Kita hanya bisa memprediksi tapi tidak bisa memastikan pasar akan seperti apa besuk bukan?

Kita merasakan saat ini kondisi pasar sangat berfluktuatif bergerak dengan cepat bahkan ekstrim.
Untuk itulah rasanya kita akan lebih “pas” kalau strategi trading yg kita gunakan dibanding long saat ini, karena jika memegang saham dengan target waktu terlalu lama sepertinya kurang efektif.

Modal kita upayakan bisa menghasilkan dengan target-target yang sesuai kondisi pasar tadi, semakin cepat berputar semakin baik.
Bahwa margin keuntungannya sedikit asal cepat dan berulang-ulang akan jadi banyak juga dari pada kita berharap terlalu banyak tetapi tidak pernah tercapai.

Jadi jangan salahkan pasarnya, bisa jadi kita yang salah “memasang target” karena mengira pasar akan selalu positif.

Kalau kita bisa memahami dan menyesuaikan pasar maka apapun kondisi pasarnya bisa kita ambil sebagai peluang dalam mencari rejeki (cuan).

Dari sekitar 600 saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tentu tidak semua bergerak sama apapun kondisi pasarnya.
Selalu ada yg bergerak naik dan turun, sehingga disitulah kecermatan kita memilih saham dan timing yang tepat buy & sell nya.
Tidak mudah memang, tetapi layak kita mencoba dari pada kita investasi tanpa pola dan bahkan asal-asalan yang hanya membuang-buang modal kita.

Semoga menjadi inspirasi kita bersama di akhir pekan.

Salam
Hari Prabowo

aldi

Capital Market Enthusiast

Add comment