LP3M INVESTA

Memahami Pasar

Sudah beberapa bulan terakhir ini kita merasakan volatilitas pergerakkan IHSG sangat tinggi, sulit diprediksi karena bisa tiba-tiba naik atau turun.
Faktor eksternal lebih banyak sebagai penyebabnya menurut pengamatan saya.

Mulai perang dagang, pelemahan ekonomi global, suku bunga, harga komoditas maupun masalah CPO dengan Eropa itu menjadi katalis tekanan terhadap IHSG.
Hal tersebut tentu sulit diprediksi padahal itu sangat berpengaruh terhadap pergerakkan IHSG dan harga saham.

Lantas harus bagaimana kita sebagai investor? Tentu yang pertama kita harus memahami bahwa pergerakkan harga saham ini dipengaruhi oleh informasi.
Untuk itu kita mesti rajin mencari informasi dan membuat analisa-analisa untuk memutuskan apakah kita mau beli atau jual.

Kita tidak cukup hanya berpegang pada Fundamental dan Teknikal saja karena harga saham dipengaruhi banyak faktor dan itu semua menjadi apa yang dinamakan “KEKUATAN PASAR”.

Maka kenalilah kondisi pasar supaya kita bisa menyesuaikan pasar, karena pasar sangat kuat sehingga akan sia-sia kalau kita melawan pasar.

Suatu perusahaan yang fundamental bagus bisa saja harga sahamnya anjlok, apalagi kita hanya bertumpu pada chart (teknikal) saja, semua bisa berbeda dengan kondisi pasar yang sedang buruk, dan itu akan terjadi sebaliknya bila pasar dalam kondisi bagus.

Prisipnya selain fundamental dan teknikal sebagai alat analisa tetapi sangat penting kita memahami kondisi pasar, agar strategi investasi kita bisa menyesuaikan pasar.
Kita bisa bermain long atau short itu tergantung pasar yang ada.

Silahkan mau investasi atau trading pendek untuk mencari cuan di bursa saham sesauikan dengan kondisi pasarnya.

Salam
Hari Prabowo

aldi

Capital Market Enthusiast

Add comment