LP3M INVESTA

Pedagang Musiman

Ilustrasi

Artikel tanggal 17/1/2019

PEDAGANG MUSIMAN

Tetangga saya ada yang berprofesi sebagai pedagang musiman, mereka berdagang bermacam-macam dan pindah-pindah dari desa ke desa lain.

Hidupnya nampak lumayan dari sisi ekonomi untuk ukuran desa saya.

Saya sering berkomunikasi dengan mereka bagaimana cara mereka berdagang tapi mereka sungkan tanya ke saya bagaimana saya menjalankan pekerjaan saya. Mungkin taunya saya kerja kantoran 😀

Para pedagang itu berdagang apa saja yang lagi musim. Musim durian mereka dagang durian, musim mangga mereka dagang mangga, musim kopi mereka dagang kopi dan lain-lain, tergantung barang apa yang lagi diperdagangkan.

Merekapun berpindah-pindah tempat dagangnya karena beberapa waktu kadang lama tidak kelihatan dirumah.

Mereka cari daerah yang sedang menguntungkan perdagangannya dan disitu ada barang yang sedang musim tadi.

Menarik sekali cara berdagang para pedagang tersebut. Mereka tidak monoton, mereka kreatif berusaha mencari apa saja yang bisa diperjual belikan untuk mendapatkan hasil dan nafkah untuk keluarganya.

Itu menjadi inspirasi saya sebagai pedagang saham saya mesti mencontoh mereka bagaimana saya harus berusaha mencari saham-saham yang sedang layak di perjual belikan dan mencari pula sektor-sektor yang terbaik.

Saya tidak mau berkutat di sektor tertentu atau saham tertentu, yang penting hasilnya kan?? 😀

Jadi kalau saya melihat Investor asing kadang pergi dari bursa kita tapi suatu saat datang lagi kemari, itu wajar-wajar saja ya.. ah barangkali mereka jual meniru cara pedagang musiman tadi.

Untuk menjadi orang besar kita harus belajar dari orang kecil juga

Hari Prabowo

Selamat beraktifitas Warga Investa yg budiman.

Salam
Hari Prabowo.

aldi

Capital Market Enthusiast

Add comment