LP3M INVESTA
Bursa Saham Indonesia diujung tanduk

Bursa Saham Indonesia diujung tanduk

menilik post sebelumnya  dalam post permainan bandar saat IHSG bearish, http://investalpppm.blogspot.com/2015/05/membaca-permainan-bandar-saat-ihsg.html penulis mempost peringatan dini tentang bahaya akan tenggelamnya IHSG karena pergerakan IHSG mirip chart sebelumnya seperti tahun 2013 lalu, seperti gambar di bawah ini, (klik ke tengah gambar untuk memperbesar gambar)

IHSG-140515_thumb1

sekarang bagaimana perkembangan chart IHSG berikutnya? (klik di tengah gambar untuk memperbesar), Bump and Run adalah Pattern yang paling mematikan yang pernah penulis kenal, patten ini sebelumnya pernah terjadi pada chart UNTR pada periode agustus-november 2014.

IHSG 090615

Perkiraan penulis IHSG akan sementara terhenti di level supportnya 4900 (4899) , bila level support itu terlewati level support kuat yang mampu menahan IHSG dari penurunan lebih lanjut adalah level 4700 (4717) level support inilah yang ditunggu investor untuk memulai  melakukan akumulasi dalam jumlah yang cukup besar.

Strategi yang bisa dilakukan sekarang , menurut penulis   ada 2 :

1.“hit and run” dengan potensi loss lebih besar dari pada gain, karena trend IHSG keseluruhan sudah bearish.

2, Menunggu IHSG reversal, dengan konsekwensi tertundanya waktu untuk melakukan investasi saham.

Menulis menyarankan untuk menambah investasi dalam bentuk Dollar AS, untuk mengurangi loss di saham, karena selama ini dollar AS terhadap rupiah pergerakannya selalu berlawanan arah dengan IHSG, bukannya penulis tidak nasionalis, tetapi investasi dalam bentuk Dollar AS adalah investasi yang paling masuk akal pada saat saat seperti ini, penulis memprediksi Dollar AS akan menyentuh harga 13.500 per dollarnya dalam waktu dekat ini. Prepare and be careful….

Hari Prabowo

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pasar Modal INVESTA

Add comment