LP3M INVESTA
TEORI KLASIK FUNDAMENTAL ANALISIS

TEORI KLASIK FUNDAMENTAL ANALISIS

Salah satu saham yang saya ulas kemarin adalah saham BIPI yang mempunyai Lap Keuangan yang “super”, harganya ditutup 132 atau naik 13,79% sehingga saham ini dalam empat hari naik 25,71%.
Sepanjang Laporan Keuangan emiten itu dibuat dengan benar dan telah di Audit oleh Akuntan Publik, maka pengalaman yang ada lambat atau cepat harga sahamnya akan naik menyesuaikan harga wajar / fundamentalnya.
Jadi kalau kita barpedoman dengan teori klasik yaitu Fundamental Analisis maka kita bisa mendapatkan hasil dari investasi saham yang kita beli, minimal terhindar dari resiko terburuk.

Beberapa emiten yang Laporannya bagus antara lain MLPL, ELSA, INKP dan dari saham Perbankan papan atas ada BBRI, BBNI, BBCA dan BMRI diantaranya telah menunjukkan perkembangan harga yang signifikan saat ini.
Bagaimana kalau ada saham yang harganya belum naik padahal Laporan Kuangannya bagus? Yang mungkin terjadi adalah bahwa saham yang beredar terlalu sedikit sehingga investor / trader enggan membeli saham tersebut karena khawatir kalau mau jualan jadi susah ketemu pembelinya.

Faktor lain kemungkinan ada Bandar yang masih menekan harganya karena mereka masih mau akumulasi sebelum harga sahamnya naik.
Sehingga saya pribadi berpendapat kalau memang Fundamental Perusahaan bagus maka masalah kenaikkan harga hanya masalah waktu saja, jadi perlu kesabaran menunggu.
Tapi yang juga perlu diperhatikan jangan membeli saham yang harganya sudah jauh lebih tinggi dari harga wajar / fundamentalnya alias terlalu mahal, karena berpotensi harga turun menyesuaikan fundamentalnya.

Memang Fundamental Analisis ini sangat berbeda dengan teori Teknikal Analisis yang mengutamakan Chart (gambar grafik), walaupun tujuannya sama untuk memprediksi kemungkinan harga saham kedepan.
Akan lebih bagus kalau keduanya dipelajari bagi investor ditambah Fundamental Ekonomi serta Money Management.
Sedang terpikirkan kembali nih kapan ya…bisa adakan pelatihan  kembali untuk para investor ? (dulu kami pernah adakan di Jakarta 3 kali dan full peserta).

Ada saham yang Lap Keuangannya bagus tetapi harganya masih belum menyesuaikan fundamentalnya seperti INKP, ACES, INDX , AISA siapa tau bisa buat koleksi dan menunggu waktu untuk naik pada saatnya.
Perhatikan dan pelajari Lap Keuangan akhir tahun 2013 yang sudah banyak dirilis, buat yang mau minta bantuan analisis silahkan hubungi kami ya…tim kami berusaha membantu (pesan lewat email investa.p3m@gmail.com) syarat dan ketentuan berlaku he..hee..
Kemarin IHSG sesuai prediksi masih naik tetapi terbatas, semalam Dow dan EIDO, bagaimana IHSG? agak hati2 perhatikan juga regional juga nanti karena kemarin Hangseng dan Shanghai turun cukup tajam.
Baik, semoga kita semua mendapatkan yang terbaik. Amin.

salam, investa
pin,2b7DD5EE (untuk diskusi saham)

blog. investalpppm.blogspot.com

Hari Prabowo

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pasar Modal INVESTA

Add comment